Tuesday, October 4, 2016

Menambah Kecepatan Dinamo Tamiya






Contoh Gambar
Untuk menambah kecepatan TAMIYA itu gampang-gampang susah,rahasianya hanya ada di dalam cara melilitnya.cara melilitnya sebenarnya dibutuhkan ketelitian agar kerapatan lilitan dapat tercapai. Untuk kelas tune up sebaiknya memakai lilitan 0,45 - 0,8 mm, magnet pun berbeda-beda karakternya,untuk 0,45 - 0,6mm sebaiknya memakai magnet tipis untuk menyetabilkan arus listrik,untuk diameter kawat diatas 0,6 dianjurkan memakai magnet tebal untuk menambah torsi dinamo tersebut. Intinya semakin banyak lilitan semakin besar pula torsinya(speed rendah), dan semakin besar pula dibutuhkan magnetnya. Saya anjurkan setelah melilit supaya lilitan tersebut dilem menggunakan lem kering sejenis alteco agar lilitan tersebut tidak renggang saat dinamo berputar akibat gaya sentrifugal.

Perbandingan lilitan dan kuat arus :
I1={N2/N1}x I2 ; untuk N= banyaknya lilitan, I kuat arus. jadi I=V/R , berarti kamu bisa hitung besar lilitan yang dibutuhkan dengan mengetahui volt batre dibuat tetap, sedang tahanan yg berubah. Perlu diperhatikan juga, apabila putaran yang di hasilkan dinamo besar akan tetapi akan berpengaruh terhadap ketahanan magnet, akibatnya panas yang dihasilkan bisa membuat dinamo berasap.
(12 lilitan)

Biar saya berikan penjelasan pertaman cari kawat ukuruan 0.5 kemudian anda gulung kawat di dinamo tersebut dengan gulungan mencapai 12 gulung untuk 1 kilik, dan tiap masing masing 3 kilik anda harus 12 gulungan, dan selesai. Kemudian gulung lagi ke awal sekitar 10 gulungan, berarti dalam 1 kilikan anda mendapat 22 gulungan dari yang pertama dan yang ke dua. 
artinya kawat tersebut menjadi dua lapis, SELAMAT MENCOBA SEMOGA BERHASIL.

Catatan:
Semakin banyak anda menggulung kawat pada Dinamo semakin besar Magnet yang di butuhkan agar Dinamo tidak cepat panas.


Jenis-jenis Dinamo Tamiya
 Mengenai Dinamo Tamiya sebaiknya gunakan yang warna HITAM, karna berdasarkan yang lihat TEMBAGA Dinamo HITAM lebih tebal dari yang lain.
SARAN
Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik sebaiknya langsung saja mengganti tembaga dinamo dengan yang lebih besar agar tidak terjadi penghambatan aliran arus karna perbedaan ukuran tembaga, anda cuma butuh SOLDER untuk menyambungnya.

               Sebelum upgrade


               Sesudah upgrade



5 comments:

  1. Mas mau tanya, kalau dinamo mobil mobilan remote control bisa diubah ga ya mas?

    ReplyDelete
  2. klo dinamo silinder itu kencang gak sih sebenarnya

    ReplyDelete
  3. berarti tdk perlu lagi dikasih sambung dgn yng itu jadi di lilit saja

    ReplyDelete
  4. Selamat Siang Kak.

    Saya admin dari indohobi.id ingin mengkonfirmasi kepada tim woorldblack.blogspot.com, bahwa member kami memposting konten di Club Hobi menggunakan konten dari halaman woorldblack.blogspot.com dengan memberikan link sumber.

    Contoh konten :

    Indohobi.id : https://www.indohobi.id/en/club-hobi/mini-4wd/menikmati-kecepatan-mobil-tamiya-melalui-3-sudut-pandang091715

    woorldblack.blogspot.com: http://woorldblack.blogspot.com/2016/10/menambah-kecepatan-dinamo-tamiya.html

    Dengan Total artikel sekitar : 1 konten yang terindex di google.

    Jika tidak berkenan dengan postingan tersebut, maka akan segera kami hapus.

    Terimakasih, Sehat selalu ya!



    Salam Hangat,

    Admin indohobi.id



    ReplyDelete